Tutorial Game Unity - Hello World Part 1


Dalam ilmu pemrograman istilah populer yang dipakai untuk memulai belajar suatu bahasa pemrograman baru adalah Hello World, kenapa harus Hello World ? saya juga gak tau tapi yang pasti apapun bahasa pemrograman yang kalian pelajari ilmu pertama yang harus kalian mulai adalah dengan mencetak string "Hello World". Nah, jika yang kita pelajari itu berbasis 3D seperti Unity ini apakah harus mulai dari Hello World ? tentu saja, hanya saja jika di pemrograman konvensional kita mencetak string maka di Unity kita akan membuat object 'world' dasar. Masih bingung ? yasudah silahkan disimak sampai artikel ini selesai. :D

Oke, saya anggap kita semua sudah menginstall software Unity. Kalau belum, maka kalian bisa download software Unity di sini. Saat kita menginstall, Unity sebenarnya sudah memberi kita demo game yang lumayan kompleks yang bernama Angry Bots, tapi tentu saja akan sangat sulit mempelajarinya apalagi bagi pemula. Baiklah balik ke topik, silahkan buka software Unity yang sudah kalian install. Langkah selanjutnya adalah pilih menu FILE --> NEW PROJECT, akan ditampilkan tampilan seperti gambar dibawah. Untuk nama project silahkan kalian isi sendiri sesuai selera (makanan kalee pake selera), dan jangan lupa centang bagian CHARACTER CONTROLLER lalu klik CREATE.



Setelah itu akan muncul jendela seperti gambar dibawah, akan saya coba jelaskan satu persatu apa-apa saja yang ada di lembar kerja Unity. Check this out :


  1. Hierarchy : panel ini berisi semua objek/variabel yang sudah dipasang di scene atau layar utama, seperti Terrain atau objek-objek yang kita import dari luar.
  2. Project : panel ini untuk menampilkan semua asset yang sudah kalian pakai untuk membuat game kalian.
  3. Scene : jendela utama yang merupakan editor utama. Jadi semua objek yang ada di hierarchy dimasukkan ke scene.
  4. Game : Ini berfungsi untuk melihat preview game yang kalian bangun sebelum kalian build menjadi file exe, atau apk (jika di build dalam bentuk aplikasi android)
  5. Inspector : bukan, ini bukan inspector Vijay (apaan coba ? ). Jadi panel ini berisi atribut dari semua objek yang dipilih. Seperti halnya di pemrograman berbasis objek seperti di VB (panel properties).
Langkah selanjutnya adalah membuat objek Terrain. Caranya klik CREATE --> TERRAIN (tombol CREATE yang ada diatas panel Hieararchy, iya yang tulisannya kecil itu). Nah, Terrain ini seperti kertas atau kanval jadi kita bisa gambar atau bangun 'world' untuk game kita sendiri, jadi semua karakter atau objek-objek yang diperlukan di game diletakkan di Terrain, ngerti rah son ? ngerti lah ya. Oke, kalau Terrain sudah siap selanjutnya adalah letakkan pemantau atau kamera ke Terrain. Caranya ? kalian inget gak waktu pertama kali kita membuat project baru, saya ada sebutkan 'centang CHARACTER CONTROLLER', nah di panel Project kalian bisa temukan FIRST PERSON CONTROLLER. Klik ikon-nya, kemudian drag ke jendela Scene. 


First person controller ini berfungsi untuk kontrol kita berada di dunia 3D Unity, bisa kita gerakkan ke depan belakang, kanan, kiri OKE. Langkah selanjutnya, kalian bisa klik tombol RUN, maka akan menghasilkan seperti gambar dibawah ini :


Coba kalian gerakkan mouse dan tombol arah yang ada di keyboard kalian, maka kamera akan bergerak mengikuti arah mouse dan keyboard kalian. Jika berhasil, selamat kalian sudah membuat "Hello World" di Unity !! Lho, cuma gitu aja ? ya untuk saat ini seperti itu dulu, makanya saya beri judul Tutorial Game Unity - Hello World Part 1, selanjutnya akan ada Part 2, 3, dst. Selain supaya dapat penjelasan yang lebih detail, juga supaya kalian mampir lagi ke blog ini. :))

Tentu saja dalam membuat game yang baik tidak sesimple yang saya jelaskan diatas, selanjutnya akan ada coding mengcoding, Unity sendiri hanya mengenali 3 bahasa pemrograman, yaitu C#, Javascript, dan Boo. Silahkan kalian pelajari salah satunya, tapi dari pengalaman saya, lebih nyaman memakai C# (itu pendapat saya ya). Baiklah, saya tidak mau berpanjang lebar, selamat mencoba, dan tunggu Part 2.

Wassalam..

Comments

  1. Blackjack: How to Play with the Roulette Wheel - DrmCD
    The Roulette wheel 아산 출장샵 is similar in origin to 순천 출장마사지 the European roulette wheel, except that it is slightly more 목포 출장샵 similar 안양 출장마사지 to the wheel of 삼척 출장마사지 chance.

    ReplyDelete

Post a Comment