Review Film The Judge 2014


Apa jadinya jika Robert Downey Jr. yang terkenal dengan karakter Tony Stark (Iron Man) bermain dalam film drama serius dan berperan sebagai pengacara sukses ? mengencingi jaksa, dan sesumbar bahwa orang-orang yang tidak bersalah tidak sanggup membayar jasanya, well mungkin kita akan langsung teringat dengan Tony Stark si Iron Man. Di drama terbaru besutan sutradara David Dobkin yang pernah sukses menghasilkan komedi 'kurang ajar' Wedding Crasher, Robert Downey Jr. berperan sebagai Henry "Hank" Palmer, seorang pengacara sukses berlidah tajam, sombong, dan hampir selalu membebaskan kliennya yang mungkin lebih pantas mendekam lama di penjara. Dan drama itu dimulai ketika Hank harus kembali ke kampung halamannya dan menghadapi masa lalunya dalam wujud Joseph Palmer (Robert Duvall) ayah yang dibencinya sekaligus seorang hakim senior yang disegani oleh warga Carlinville, Indiana.


The Judge bercerita tentang kembalinya si anak hilang (Hank Palmer) dan harus menghadapi karakter ayah yang keras kepala, sekaligus menyimpan masa lalu tidak menyenangkan yang melibatkan Hank dan ayahnya yang mengakibatkan Hank harus meninggalkan kampung halamannya sampai kematian ibunya memaksanya kembali. Ada konflik keluarga anak-orangtua yang berhasil di presentasikan dengan sangat baik oleh David Dobkin, ditambah bumbu-bumbu romansa dari kekasih masa lalu Hank, komedinya yang pas dan tidak dipaksakan, serta thriller kriminal yang melibatkan sang ayah dalam kasus tabrak lari berujung pembunuhan, yang mengharuskan Hank belajar berdamai dengan masa lalu dan ayahnya.

Menyenangkan melihat David Dobkin yang lebih dikenal sebagai sutradara penghasil komedi nakal berhasil menggarap drama kompleks yang serius. Dobkin berhasil mengolah premis yang bisa dibilang tidak baru lagi menjadi tontonan yang berbeda. Dengan durasi yang lumayan panjang The Judge tidak pernah membosankan untuk ditonton dengan selipan-selipan humornya yang terasa pas pelatakannya.

Jajaran cast-nya juga tampil dengan sangat baik, ada Robert Downey Jr. yang sukses mengisi karakter Henry "Hank" Palmer yang sombong dan parlente, walaupun bayangan Tony Stark sulit ditinggalkan, dan Robert Duvall juga tampil luarbiasa memerankan sosok ayah keras kepala dalam sosok Joseph Palmer. Salah satu film drama terbaik tahun ini.

Rating : 8/10

Comments