Tutorial Game Unity - Hello World Part 3


Tutorial Game Unity - Hello World Part 3


Sebelumnya di Tutorial Game Unity - Hello World Part 2 kita sudah bisa 'mempercantik' dan membentuk Terrain yang sudah kita sediakan. Nah, di part 3 sekaligus akhir dari trilogy 'Hello World' ini (pake kata trilogy biar keren) kita akan menambahkan objek-objek lain untuk lebih mempercantik 'World' kita, gak mau kan dunia yang kita buat tampak datar, gersang tanpa pepohonan ? yup, disini kita akan mencoba menambahkan pohon-pohon untuk menambah kesan realistis di dunia yang kita bangun.
Baiklah mari kita mulai, caranya sama dengan kita menambah textures di Part 2 :



  1. Klik Terrain di panel Hierarchy, lihat di panel atribut kalian akan menemukan tombol seperti gambar diatas.
  2. Pilih tombol yang bergambar pohon (nomor tiga dari kanan).
  3. Setelah tombol pohon di klik akan muncul beberapa tomobol dibawahnya, nah klik yang tulisannya Edit Trees + Add Tree, kemudian akan muncul jendela seperti gambar dibawa.
  4. Klik lingkaran kecil disebelah kanan, pilih pohonnya dan klik Add.
Menambah Pohon di Terrain Unity


Kemudian kalian tinggal klik atau drag salah satu bagian Terrain yang ingin kalian tambahkan pohon.

Menambahkan Texture Pohon di Terrain Unity

Selain pohon, kalian juga bisa menambahkan detail-detail lain, bisa kalian coba tombol nomor dua dari kanan (sebelah kanan tombol pohon). Caranya sama dengan saat kita akan menambahkan pohon tadi. Jika sudah oke, masih ada yang nampak janggal ? yup, masih nampak gelap kan. Ini sentuhan terakhir disini, untuk menambah tampilan langit kita bisa menggunakan SKYBOX. Caranya, klik kanan ASSET di panel PROJECT + IMPORT PACKAGES, pilih SKYBOXES, klik Import. Setelah import Skybox, klik menu EDIT + RENDER SETTING, lihat panel INSPECTOR sebelah kanan, kalian akan menemukan Skybox Material dengan nilai default (None), kilk lingkaran kecil sebelah kanan, pilih jenis Skybox, disini saya akan memilih Sunny.

Menambahkan Objek Skybox di Unity


Terlihatkan perbedaannya ? selamat, kalian sudah berhasil membuat dunia kalian sendiri lengkap dengan elemen-elemen pepohonan, gunung, dan langit cerah.
Akhirnya selesai juga trilogy Tutorial Unity Hello World di blog ini, saya bukan ahli/pakar Unity mungkin sama seperti kalian yang masih ingin terus belajar, jadi mari kita sama-sama belajar. Jangan sungkan-sungkan meninggalkan komentar di blog ini, baik itu berupa pertanyaan, kritik, atau saran, saya akan merasa terhormat dengan komentar anda. Terima Kasih.



Comments